Berita Terkait



Gelaran Lomba Semarak Maulid Habsyi Partai Golkar tingkat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), digelar dari tanggal 11 hingga 13 Februari 2013 tadi. Acara ini berlangsung di halaman Mesjid Al Asfia Desa Mahang Sungai Hanyar Kecamatan Pandawan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).


Selama tiga malam berturut-berturut, puluhan grup peserta baik putra dan putri saling unjuk kebolehan. Penampilan dari masing-masing peserta membuat para dewan juri dan masyarakat yang menyaksikan berdecak kagum. Mahfum, hampir semua peserta yang tampil, benar-benar menunjukkan kemampuan aksi panggung dan suara merdu dalam melantunkan syair-syair maulid habsyi.  


Ketua DPD Partai Golkar HST, H Sa’ban Effendi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan even tahunan untuk syiar agama dan bentuk kecintaan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Selain itu, ujarnya, juga untuk mewadahi kreativitas anak muda banua yang menekuni seni budaya yang berpondasi nilai Agama dan kearifan lokal.


“Untuk tahun 2011 DPD Partai Golkar HST melaksanakannya di Kecamatan Barabai, tahun 2012 di Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS). Untuk tahun 2013 ini, Alhamdulillah kita bisa melaksanakan lomba ini Desa Mahang Sungai Hanyar Kecamatan Pandawan ini,” ujarnya.


Sa’ban berharap, melalui keiatan lomba semarak maulid habsyi ini, dapat meningkatkan tali silaturrahmi antar sesama warga. Karena itu, terangnya, kegiatan ini juga melibatkan masyarakat setempat dalam kepanitian. Bahkan, sambungnya, melalui even ini juga dapat dimanfaatkan oleh panitia pembangunan Masjid Al-Asfia untuk membuka warung amal, lelang dan lainnya. Sehingga hasil yang didapat nantinya dapat dimanfaatkan untuk pembangunan mesjid.


“Kita juga berharap semoga pemenang lomba semarak maulid habsyi kali ini, bisa menjadi juara I di tingkat provinsi dan mengharumkan nama Bumi Murakata,” katanya.


Dari perlombaan yang berlangsung selama tiga malam itu,  Grup Habsy Putra Al Asfia dari Desa Mahang Sungai Hanyar dan Grup Habyi Putri Uswatun Hasanah dari Desa Pemangkih Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) kembali meraih juara I. Kedua grup habsyi ini pada tahun 2012 lalu juga tampil sebagai juara pada lomba yang sama. Di tahun 2013 ini, mereka kembali mampu membuktikan diri di hadapan para juri dan seluruh warga yang menyaksikan jika mereka pantas menyandang gelar juara untuk yang kedua kalinya.


Hayani Zain selaku Ketua Dewan Juri Lomba Semarak Maulid Habsyi, saat akan membacakan hasil keputusan dewan juri, mengakui jika semua peserta yang sudah tampil secara umum hasilnya bagus. Hanya saja, ujarnya, dari semua peserta itu tentu saja ada yang nilainya lebih baik. Penilaian yang dilakukan menurutnya sudah benar-benar sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.    


Disebutkan Hayani, untuk grup habsyi putra, Juara I diraih Grup Al Asfia dari Desa Mahang Sungai Hanyar Kecamatan Pandawan, Juara II Grup As Sunah dari Jalan Pangeran Antasari Kecamatan Barabai dan Juara III Grup Al Kasyaf dari Jalan Tanjung Pura Kecamatan Batu Benawa. Sedang untuk grup habsyi putri, Juara I diraih Grup Uswatun Hasanah dari Desa Pemangkih Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU), Juara II Grup Al Kasyaf dari Desa Pagat Kecamatan Batu Benawa dan Juara III Grup Ridha Hasanah dari Desa Pemangkih Kecamatan LAU. 


“Dari hasil itu Juara I Putra Grup Al Asfhia dari Desa Mahang Kecamatan Pandawan dan Juara I Putri Grup Uswatun Hasanah dari Pemangkih Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU), berhak untuk mewakili HST bertanding pada Grand Final Semarak Maulid Habsyi Partai Golkar Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” sebutnya.


Acara penutupan sekaligus pengumuman juara lomba Semarak Maulid Habsyi Partai Golkar Tingkat Kabupaten HST ini, turut dihadiri oleh Sekretaris Bidang Keagamaan DPD Partai Golkar Provinsi Kalsel M Rizani Noor, seluruh Pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten HST, kader dan simpatisan Partai Golkar se-HST serta undangan lainnya. (Fathurrahman)

Editor: Asmuni Kadri
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar