Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan tahun 2013 ini kian menangani keberadaan pertamanan kota setempat dengan membentuk zona -zona pertamanan.


"Kita akan bangun lokasi pertamanan melalui zona -zona , seperti zona tanaman hijau, zona bunga-bunga, zona daun bewarna, atau zona tanaman keras penghijauan," kata Kepala DKP Banjarmasin, Mukhyar kepada wartawan saat meninjau lokasi TPA Basirih Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa.

Melalui zona -zona tersebut maka akan terlihat keindahannya, serta mempermudah penanaman, penanganan, dan pemeliharaan melalui para ahli yang membagi terhadap jenis tanaman pada zona -zona tersebut.

"Coba lihat saja sekarang aneka tanaman menjadi satu baik yang ada di lokasi taman-taman kota atau di median jalan, hingga kurang rapi dan kurang indah," katanya.

Padahal kalau cara penanaman jenis tanaman itu dilakukan melalui sebuah kawasan atau zona -zona , maka akan kelihatan keindahannya, tinggal bagaimana pemeliharaannya kedepan.

"Kita berharap dengan penanganan kebersihan yang terus ditingkatkan ditambah dengan cara zona taman maka Banjarmasin akan terlihat indah, moga memperoleh penghargaan kota bersih Adipura," kata Mukhyar.

Ketika ditanya penanganan sampah di TPA, ia menyebutkan tahun 2013 ini akan lebih ditangani , melalui pembangunan jalan beton, agar memudahkan pengangkutan sampah hilir melalui tgruk yang hilir mudik di kawasan yang seluas 40 hektare itu.

Selain membangun jalan, DKP juga akan membangun siring di lokasi penumpukan sampah yang menggunung agar limbah cair sampah tidak meluber ke pemukiman penduduk yang ada di kawasan tersebut.

  Untuk penanganan TPA ia menyebutkan akan memberdayakan fasilitas yang ada seperti dua buah ekskavator, dan sebuah buldoser yang digunakan untuk mengumpulkan sampah agar tidak meluber kemana-mana/D.

Editor: Hasan Zainuddin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar