Berita Terkait

Pemerintah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan menyiapkan proses tukar guling atau ruislag bangunan Sekolah Dasar Negeri 1 Sungai Besar Jalan Ahmad Yani Km 37 Banjarbaru.



"Proses tukar guling sudah disiapkan dan diharapkan seluruh proses berjalan lancar sehingga proses belajar mengajar di sekolah itu tidak terganggu," ujar Ketua Tim Ruislag Pemkot Banjarbaru Syahriani, Selasa.


Menurut Syahriani yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, tukar guling aset milik pemkot itu dilakukan dengan manajemen sebuah mal yang dibangun berdampingan dengan gedung sekolah.


Dijelaskan manajemen mal bersedia mengganti seluruh aset baik bangunan maupun tanah kemudian menggantinya dengan tanah yang


diatasnya dibangunkan gedung sekolah yang representatif sesuai desain pemkot.


"Manajemen mal sudah bersedia mengganti rugi seluruh aset bangunan dan tanah sehingga tinggal menetapkan lokasi baru yang akan dibangunkan gedung sekolah pengganti," ungkapnya.


Ia mengatakan, pihaknya sudah mengkoordinasikan dengan dinas terkait di lingkungan Pemkot Banjarbaru untuk menetapkan lokasi baru pembangunan gedung sekolah dasar sehingga keberadaannya diterima seluruh pihak.


Dinas yang terlibat adalah Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Bappeda, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan serta Dinas Pendidikan Nasional sebagai instansi yang akan menggunakan gedung sekolah itu.


"Lokasi baru masih dicari dan ada tiga tempat yang menjadi alternatif tetapi belum ditetapkan mana yang akan dipilih karena harus melalui proses dan pengkajian yang matang," ujarnya.


Disebutkan, tiga lokasi alternatif adalah lahan kosong di dekat jembatan Sungai Besar, lahan kosong di Gang Petai dan lahan kosong di Jalan Batas Kota yang masing-masing luasnya mencapai 3.000 meter persegi.


Dikatakannya ketiga lokasi itu memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga akan dipilih lokasi yang benar-benar memenuhi syarat bangunan terutama terkait desain bangunan yang telah disiapkan.


"Intinya, tukar guling ini harus menguntungkan pemkot baik untung dari segi luasan lahan yang lebih besar maupun bangunan yang lebih baik dan refresentatif dibanding gedung lama," kata dia.

  Ditambahkannya pihaknya segera menyampaikan surat persetujuan penghapusan aset gedung sekolah kepada DPRD sehingga proses tukar guling bia berjalan sesuai tahapan yang direncanakan./D.

(T.KR-SYO/B/Z003/Z003) 15-01-2013 09:01:08

Editor: Hasan Zainuddin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar