Berita Terkait
Rumah murah bagi PNS golongan I dan II di lingkungan Pemkab Kotabaru, Kalimantan Selatan, pembangunannya dimulai 2013.

Kepala Dinas Cipta Karya Permukiman dan Perumahan Kotabaru H Akhmad Rivai MSi, Kamis, mengatakan saat ini pemerintah daerah sedang menyusun rencana tampak (Site Plan) perumahan.

"Setelah site plan itu dibuat, pemerintah daerah baru melaksanakan pembukaan lahan," jelasnya.

Site plan, kata Rivai, salah satunya bertujuan untuk mengetahui sebara banyak PNS yang bisa mendapatkan rumah murah di lokasi tersebut.

Selanjutnya, pemerintah menyerahkan pembangunan perumahan tersebut kepada perusahaan perumahan yang sudah menandatangani nota kesepahaman dengan Pemkab Kotabaru.

Rencananya, perumahan murah di Kompleks Indramayu khusus untuk PNS golongan I dan II yang bertugas di wilayah perkotaan atau Pulau Laut Utara.

Sedangkan untuk PNS golongan I dan II di luar perkotaan, akan dipusatkan di Serongga, untuk di wilayah utara, dan Pulau Laut Kepulauan untuk di wilayah selatan.

"Tidak menutup kemungkinan, perumahan di Indramayu juga akan menampung PNS dari instansi vertikal," tambahnya.

Sebelumnya, Rivai mengungkapkan, harga penjualan rumah PNS yang dibangun oleh Perum Perumnas di Kotabaru dibawah Rp70 juta per unit.

Harga tersebut jauh lebih murah dibandingkan dengan harga jual rumah yang disediakan pihak swasta.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Perum Perumnas dan Kementerian Perumahan Rakyat pada kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Wilayah Tengah Program Pengembangan Kawasan tahun anggaran 2012 di Yogyakarta, bahwa telah disepakati untuk pembangunan perumahan PNS pada tahap I sebanyak 700 unit.

"Terdiri dari dua lokasi yaitu di Jalan Indramayu Desa Stagen sebanyak 300 unit dengan areal lahan yang sudah dibebaskan seluas 8,2 hektar, dan lokasi di Desa Sebelimbingan sebanyak 400 unit dengan luas 38 hektar," ujarnya.

Untuk potensi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru sebanyak 5.270 orang yang terdiri dari PNS Golongan I sebanyak 159 orang, Golongan II 1.913 orang, Golongan III 2.272 orang, dan Golongan IV 92 orang.

"Sampai dengan hari ini PNS Golongan I dan II yang berminat mendaftarkan diri untuk memiliki rumah yang akan difasilitasi oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Cipta Karya, Permukiman dan Perumahan Kabupaten Kotabaru sebanyak 451 orang," ungkapnya.

Editor: Ulul Maskuriah
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar