Adaro Salurkan 120 Sapi

Bupati Balangan, Sefek Effendi dan Deputi SHE CSR PT Adaro Indonesia, Iswan Sujarwo, bersama unsur Muspida serta kelompok tani penerima bantuan 120 ekor sapi./Rusmanadi

Berita Terkait
Perusahaan pertambangan batu bara nasional, PT Adaro Indonesia yang sebagian wilayah operasionalnya berada di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, menyalurkan bantuan kepada masyarakat setempat berupa 120 ekor bibit ternak sapi unggul.

Menurut Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adaro Indonesia, Abdurrahman di Dahai Office, sekitar 7 kilometer dari Paringin, ibu kota Balangan, Rabu, bantuan tersebut disalurkan sebagai bentuk dukungan terhadap pembentukan kawasan sentra peternakan oleh pemerintah daerah setempat.
    
"2012 ini PT Adaro Indonesia kembali menyalurkan bantuan bibit ternak sapi unggul kepada masyarakat Balangan yang berada di areal kawasan sentra peternakan," ujarnya.
    
Penyaluran bantuan telah dilakukan bertepatan dengan acara panen raya di Desa Banua Hanyar, Kecamatan Batu Mandi, Rabu (4/7).
    
Pada acara tersebut, perwakilan PT Adaro Indonesia, Deputi SHE dan CSR, Iswan Sujarwo, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada kelompok tani penerima setelah sebelumnya melakukan penanda tanganan berita acara penyerahan bersama Bupati Balangan, Sefek Effendie.
    
Ia mengatakan, jumlah bibit ternak sapi unggul yang disalurkan kali ini berjumlah 120 ekor, lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 60 ekor.
    
"Penyaluran bibit ternak sapi unggul pada 2011 lalu menunjukkan keberhasilan sehingga pada 2012 ini jumlahnya ditambah," katanya.
    
September 2011 lalu, PT Adaro Indonesia bersama pemerintah daerah setempat menyalurkan bantuan 60 ekor bibit ternak sapi unggul kepada masyarakat di dua desa, Matang Hanau dan Hilir Pasar di Kecamatan Lampihong.
    
Hingga saat ini, dari 50 ekor bibit sapi unggul betina yang telah disalurkan pada 2011 lalu 28 ekor diantaranya telah melahirkan dan sembilan ekor dalam keadaan bunting.
    
Ia menambahkan, selain sebagai dukungan terhadap upaya pembentukan kawasan sentra peternakan, penyaluran bantuan tersebut juga dilakukan PT Adaro Indonesia sebagai dukungan terhadap program pemerintah pusat.
    
"Pemerintah pusat telah memprogramkan penyaluran bantuan bibit ternak sapi unggul kepada pemerintah daerah dengan syarat ada pihak swasta yang mau berpartisipasi dan untuk Balangan PT Adaro Indonesia siap memberikan dukungan," tambahnya.
    
Penyaluran bantuan bibit ternak sapi unggul kali ini diberikan kepada lima kelompok tani dari lima desa di tiga kecamatan, masing-masing Kecamatan Batu Mandi, Paringin Selatan dan Lampihong.
    
Pemerintah daerah setempat sendiri sejak 2011 lalu telah melakukan pencanangan pembentukan kawasan sentra peternakan yang meliputi 13 desa di tiga kecamatan tersebut.
    
Selain itu, penyaluran bantuan bibit ternak sapi unggul tersebut juga dilakukan sebagai dukungan PT Adaro Indonesia terhadap pencapaian target swasembada daging sapi pada 2014 mendatang. /C

Editor: Rusmanadi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar