Sekolah dasar negeri 1 Pangelak di Desa Pangelak Kecamatan Upau, Tabalong, Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan lima unit komputer dari program corporate social responsibility PT United Tractor Tanjung.

Selain lima unit komputer, SD Negeri 1 Pangelak juga menerima bantuan 8 buah rak buku serta bak sampah serta ratusan bibit tanaman untuk kegiatan penghijauan di lingkungan sekolah.

"Kami bersyukur mendapatkan bantuan komputer dan sarana penunjang lainnya, mengingat SD Negeri 1 Pangelak jauh dari kecamatan sehingga sarana yang ada masih minim," jelas Kepala sekolah SD Negeri 1 Pangelak, Hermen, Minggu di Tanjung ibukota Tabalong.

Dengan jumlah siswa sekitar 164 orang, sekolah yang berjarak sekitar 50 kilometer kota Tanjung ini juga masih kekurangan tenaga pengajar karena saat ini hanya ada 6 guru PNS dan 7 guru honorer.

Bantuan lima unit komputer, rak buku dan ratusan bibit sendiri diserahkan oleh site manager PT United Tractor (UT) Tanjung, Ananta Pramudyono kepada pihak sekolah.

Kepada wartawan, Ananta mengatakan program CSR perusahaan alat berat ini fokus pada bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat dengan menyentuh masyarakat pedesaan yang selama ini kurang mendapat perhatian.

"Sebelum menyalurkan bantuan, kami melakukan inventarisasi sejumlah sekolah yang memang kurang mendapat perhatian salah satunya di Desa Pangelak," jelas Ananta.

Untuk bidang pemberdayaan masyarakat, PT UT juga melakukan pembinaan bagi sejumlah peternak ayam di Tabalong.

Termasuk melaksanakan kemitraan dengan SMK Tabalong dengan membuka jurusan alat berat sehingga menciptakan lulusan yang punya keahliaan khusus mengingat kebutuhan tenaga mekanik alat berat di Bumi Saraba Kawa ini cukup besar.

"Salah satu sekolah binaan kita adalah SMK Tabalong dengan membuka jurusan alat berat, selain menyiapkan alat peraga berupa komponen alat berat, kita juga menyiapkan tenaga pelatih," jelas Ahmad Taufik bagian humas PT UT.

Pihak perusahaan juga membuka peluang bagi warga Tabalong untuk belajar mekanik alat berat di UT School dengan masa pendidikan 2 tahun dan akan direkrut sebagai karyawawan UT di 7 cabang site yang tersebar di seluruh Indonesia./C

Editor: Imam Hanafi
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar