Berita Terkait

Akademi Kebidanan Martapura, Kalimantan Selatan siap mencetak tenaga bidan yang memiliki kepekaan sosial tinggi disamping profesional menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.



"Mencetak bidan yang profesional dan memiliki kepekaan sosial yang tinggi merupakan visi Akbid Martapura sehingga kami terus mewujudkan visi itu," ujar Direktur Akbid Martapura, Nor Wahidah, Selasa.


Menurut dia, berjiwa sosial dimaksud bukan hanya memberikan bantuan persalinan dan ibu hamil tetapi juga siap membantu anggota masyarakat yang kesusahan seperti korban bencana alam.


Ia mengatakan, sebagai akademi kebidanan swasta pertama di Provinsi Kalsel, Akbid Martapura sudah banyak meluluskan tenaga bidan yang tersebar di berbagai rumah sakit dan pusat kesehatan di provinsi setempat.


Selain di dalam provinsi, lulusan akademi yang kampusnya terletak di Jalan Indrasari Kecamatan Martapura Kota itu juga ada yang mengabdi di Provinsi Jawa Timur dan Bima, Nusa Tenggara Barat.


"Akbid Martapura berumur sembilan tahun sejak 2003 lalu sehingga wajar hampir seluruh masyarakat Kalsel tahu, apalagi sejak 2008 sudah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Perguruan Tinggi Negeri," ungkapnya.


Dijelaskan, pelayanan kesehatan yang bermutu perlu ditunjang tenaga kesehatan berkualitas yang dihasilkan melalui berbagai upaya mulai dari institusi pendidikan pencetak tenaga kesehatan.


Prosesnya diawali penjaringan mahasiswa yang selektif, kegiatan belajar mengajar yang dinamis hingga dapat dihasilkan tenaga kesehatan yang tinggi mutu agar mampu memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal.


"Seleksi yang dilakukan bukan semata mengukur kemampuan tetapi lebih menitikberatkan pada penjaringan calon mahasiswa yang diprediksi memiliki kemampuan akademik yang baik," ujarnya.


Selain itu, kata dia, juga punya komitmen yang tinggi terhadap profesinya sebagai tenaga kesehatan serta memiliki kemampuan mengaktualkan pengetahuan demi kemajuan kesehatan dan pendidikan.


Atas dasar itu, pihaknya sejak awal Maret 2012 sudah membuka pendaftaran dan penerimaan mahasiswa baru yang berakhir hingga bulan Agustus dengan target mahasiswa yang diterima sebanyak 150 orang.


"Saat ini sudah 45 calon mahasiswa baru yang mendaftar, sebagian masuk melalui jalur program minat dan prestasi, dan sisanya melalui jalur reguler," ujar perempuan paroh baya itu.

  Ditambahkan, nilai lebih Akbid Martapura adalah kegiatan kemahasiswaan sebagai program ekstra akademis seperti organisasi intra kampus, unit kegiatan mahasiswa dan pengabdian masyarakat./Zal/D











Editor: Ulul Maskuriah
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar