Jumat, 18 Agustus 2017

BPSKL Kalimantan Bantu Usaha Kelompok Tani Tala

id BPSKL Kalimantan Bantu Usaha Kelompok Tani Tala
Bantuan harus kita gunakan dan manfaatkan sebaik baiknya. Pemkab Tanah Laut selalu mendukung dan bersinergi dengan berbagai instansi demi kemajuan para petani hutan kemasyarakatan di daerah ini,
Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Kepala Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (BPSKL) Wilayah  Kalimantan Nurhasnih mengatakan, untuk memfasilitasi usaha perhutanan sosial di Tanah Laut, Kalimantan Selatan, pihaknya memberikan bantuan kepada kelompok tani di daerah tersebut.
    
"Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Kalimantan memberikan bantuan kepada kelompok tani, melakukan konsultasi publik dan penandatanganan dengan kerjasama dengan pengusaha dan petani madu," ujar Kepala BPSKL Wilayah Kalimantan Nurhasniah,  di Pelaihari,di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari, Kamis (10/8).
     
Selain itu, menurut dia, Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Kalimantan juga melakukan penandatanganan Rencana Kerja Usaha dan Rencana Kerja Tahunan Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan (RKT-IUPHKm).
     
Dijelaskannya, penyerahan bantuan kepada kelompok tani Tanah Laut tersebut berupa, sarana dan prasarana ekonomi produktif.
     
Bantuan sarana dan prasarana ekononi produktif tersebut, sebut dia,   diberikan kepada Kelompok Tani Hutan Kemasyarakatan Ingin Maju berupa bibit dan pakan ikan nila, stup madu dan koloni lebah serana,  ekstraktor madu serana,  kawat berduri.
     
Sedangkan bantuan untuk Kelompok Tani Hutan Rakyat Makmur Jaya Abadi, jelas dia, berupa stup madu dan koloni lebah kelulut,  ekstraktor madu kelulut,  pengukur kadar air.
     
Untuk penandatangan naskah kesepakatan kerjasama, ucap dia, dilakukan antara  BPSKL Wilayah Kalimantan dengan Himpunan Pengusaha dan Petani Madu Tanah Laut (HIPPMATALA), di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari.
     
Lebih lanjut dia mengemukakan, tujuan dari bantuan tersebut untuk meningkatkan sumber daya manusia kelompok usaha perhutamam sosial sebagai mitra usaha perhutanan sosial.
     
Dia berharap, bantuan tersebut dapat digunakan sebaik baiknya dan membantu meningkatkan usaha para petani hutan kemasyarakan di Tanah Laut
     
Terpisah, Asisten Bidang Ekobangkesra Setdakab Tanah Laut Noor Hidayat mengungkapkan, pemerintah pusat sangat mendukung kemajuan Tanah Laut dengan memberikan bantuan dan kepercayaan dalam pengelolaan hutan.
     
"Bantuan harus kita gunakan dan manfaatkan sebaik baiknya. Pemkab Tanah Laut selalu mendukung dan bersinergi dengan berbagai instansi  demi kemajuan para petani hutan kemasyarakatan di daerah ini," demikian tandasnya.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga