Selasa, 24 Oktober 2017

Gotong Royong Bersihkan Bantaran Sungai Martapura

id Hari Jadi Kabupaten Banjar yang ke-67, gotong royong bersihkan sungai, Sungai Martapura
Gotong Royong Bersihkan Bantaran Sungai Martapura
. (Antaranews Kalsel/hms)
Martapura, (Antaranews Kalsel) - Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Banjar yang ke-67 sekaligus Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-13 tahun 2017 , Kabupaten Banjar galakkan bakti sosial berupa gotong royong membersihkan sepanjang bantaran sungai Martapura Desa Pekauman. Kegiatan  di Kabupaten Banjar, Jum’at  (11/08).

Hadir pada acara seremonial Bupati Banjar H. Khalilurrahman, Sekda Banjar H. Nasrunsyah,  Dandim 1006 Andi Murtopo dan Kepala SKPD lingkup Kabupaten Banjar dan pendukung gotong dari berbagai elemen masyarakat.

Dalam sambutannya pada acara seremonial bakti sosial H. Khalilurrahman mengapresiasi kepada semua jajaran yang terlibat atas dukungan dan partisipasinya dalam kegiatan bakti sosial dan menghimbau kepada masyarakat Desa Pekauman khususnya untuk membersihkan lingkungan sekitar.

“Mari budayakan  perilaku hidup sehat, belajar untuk tidak membuang sampah secara sembarangan seperti ke sungai, di samping rumah, ke jalan dan tidak membakar  sampah, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan” tambahnya.

Menurutnya aksi bersih-bersih sungai ini dilakukan sebagai langkah –langkah peningkatan kesadaran kepada masyarakat bahwa sungai harus dikelola dengan baik agar dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk air bersih.

“Dengan semangat gotong royong kebersamaan mari kita membangun Kabupaten Banjar ini menuju masyarakatnya yang lebih sejahtera dan barokah,” ajaknya.

Kegiatan bakti sosial pada  hari ini membersihkan bantaran sungai sepanjang Desa Pekauman Pekauman ulu, Pekauman Dalam dan Pekauman ilir.

Gotong royong sejak dulu sudah ada jadi kita galakkan lagi jiwa gotong royong ini,” ujar guru khalil sapaan akrab Bupati Banjar pada kesempatan lain.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H. Aspihani mengatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka mempererat silaturahmi dan menumbuh kembangkan rasa kebersamaan antara Pemerintah dan masyarakat, melestarikan budaya khususnya semangat gotong royong.

Personil yang berhadir pada kegiatan ini tidak kurang 500 diantaranya dari Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Kabupaten Banjar, Dinas PU dan PR, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Pol PP, Polsek,PKK, Anggota TNI, Puskesmas Kecamatan Martapura, Buser PMI Kabupaten Banjar Banjar dan Masyarakat Desa.

Pada rangkaian acara  Bupati Banjar memukul pentungan sebagai  tanda kegiatan bakti sosial dalam membersihkan  bantaran sungai Martapura dimulai, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis alat kebersihan oleh Bupati Banjar kepada perwakilan TNI dan Masyarakat.

Bupati banjar juga melakukan peresmian pengerasan jalan sekaligus meninjau langsung  jalan tersebut, dan melakukan pelepasan si JUBAH (Jukung Babarasih Sampah) terobosan dari Dinas PU  untuk pembersihan bantaran sungai dari sampah.

Diatas Si JUBAH  Guru Khalil bersama Andi Murtopo dan beberapa Kepala SKPD ikut berpartisipasi dalam memungut sampah yang mengalir di sungai Martapura, kemudian dilanjutkan dengan pembongkaran jamban apung dan Pengecatan rumah pelangi yang berada dipinggiran Sungai Martapura./f

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga