Senin, 24 Juli 2017

Orang Tua Harus Terlibat Dalam Pendidikan PAUD

id Pendidikan, PAUD, SDM
Orang Tua Harus Terlibat Dalam Pendidikan PAUD
Narasumber Orientasi Teknik Parenting Nafik Nalil dari The Naff Sidoarjo memberikan pelatihan bagi Pengelola dan guru PAUD di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalsel 16-19 Mei 2017. (Diskominfo HSU/ Eddy Abdillah)
Peran pendidikan anak di usia dini tidak hanya dilakukan guru PAUD namun hendaknya para orang tua juga dilibatkan pada program yang dibuat pihak sekolah agar transformasi nilai dan pembentukan karakter anak semakin maksimal,
Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Tenaga ahli pendidikan anak usia dini dari The Naff Sidoarjo Nafik Palil mengatakan pada proses pendidikan anak usia dini di Lembaga Pendidikan Usia Dini harus pula melibatkan kehadiran dan peran orang tua agar pembentukan nilai dan karakter kepada anak semakin optimal dilakukan.

"Peran pendidikan anak di usia dini tidak hanya dilakukan guru PAUD namun hendaknya para orang tua juga dilibatkan pada program yang dibuat pihak sekolah agar transformasi nilai dan pembentukan karakter anak semakin maksimal," ujar Nafik di Amuntai, Kamis.

Nafik mengatakan, melalui rencana tindak lanjut (RTL) yang dibuat pihak lembaga PAUD yang berisi list kegiatan atau program untuk satu tahun ajaran hendaknya terdapat program-program yang melibatkan kehadiran dan peran orang tua.

Pihak sekolah, lanjut Nafik, bisa mengkomunikasikan kepada para orang tua tentang peran mereka pada proses pendidikan anak mengkolaborasikan program sekolah dengan peran orang tua sehingga bisa dilaksanakan.

Kasi Pengembangan Sumber daya di BP PAUD dan Dikmas Kalimantan Selatan Noor Ahadi saat menutup kegiatan orientasi guru PAUD di Kota Amuntai mengatakan,  pada saatnya nanti lembaga PAUD harus terakreditasi sehingga kualifikasi dan kopetensi Guru PAUD mutlak ditingkatkan.

"Kenyataannya dilapangannya segi kualifikasi dan kompetensi masih belum maksimal, sedangkan didaerah-daerah belum ada program-program untuk meningkatkan kualifikasi ini," terangnya.

Ketua panitia Mujianor mengatakan, kegiatan orientasi dilaksanakan disemua kabupaten/kota di Kalsel dengan target peserta sebanyak 250 orang.

Orientasi teknis Parenting bagi pengelola dan guru PAUD di Kabupaten HSU dilaksanakan 16 -19 Mei bertempat di SDN Ilir Mesjid Kecamatan Amuntai Selatan yang diikuti sebanyak 50 peserta terdiri kepala sekolah dan guru PAUD.

Editor: Eddy Abdillah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga