Selasa, 26 September 2017

Gua Batu Kapal Diusulkan Jadi Geopark Nasional

id Gua Batu Kapal, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat,
Gua Batu Kapal Diusulkan Jadi Geopark Nasional
. (Antaranews Kalsel/intiruh )
Padang Aro, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mulai menyiapkan usulan penetapan Gua Batu Kapal  sebagai salah satu geopark nasional.

"Kami akan siapkan usulannya, serta akan kami buatkan perbup tentang geopark ini," ujar Asisten III Sekretariat Daerah Solok Selatan Yul Amri di Padang Aro, Kamis

Penetapan Gua Batu Kapal menjadi salah satu geopark nasional berkaitan  dengan datangnya tim dari komunitas geopark Sumbar ke gua itu pada Kamis.

Sementara Ketua Komunitas Geopark Sumbar Novizar Swantry mengatakan Gua Batu Kapal mempunyai daya tarik wisata yang sangat besar.

Menurutnya dengan dijadikannya Gua Batu Kapal sebagai geopark nasional, wisatawan akan banyak berkunjung ke Solok Selatan.

"Dengan sendirinya akan meningkatkan perekonomian masyarakat serta peningkatan PAD," ujarnya.

Ia mengatakan di Solok Selatan banyak yang bisa dijadikan geopark nasional, diantaranya Kawasan Saribu Rumah Gadang, serta panas bumi di Solok Selatan sebagai destinasi wisata pendidikan.

"Geopark berbeda dengan hutan lindung, kalau hutan lindung hanya alam saja, tapi geopark tidak hanya alam, tapi juga manusianya, dan budaya yang ada di suatu daerah," ujarnya.

Ia berharap, usulan penetapan Gua Batu Kapal sebagai geopark nasional ke pemerintah pusat itu cepat direspon agar penetapannya dapat terealisasi.

Gua Batu Kapal berada di Jorong Ngalau Indah Tahap I, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sanggir Balai Janggo, yang berjarak sekitar satu jam dari ibu kota Solok Selatan, Padang Aro.

Gua yang bentuk dan ruangnya menyerupai sebuah kapal itu ditemukan pada 1984 oleh pekerja kebun./f

Editor: Asmuni Kadri

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga