1100 Prajurit Amankan Kedatangan Presiden Joko Widodo

id Pam Presiden
1100 Prajurit Amankan Kedatangan Presiden Joko Widodo
Danrem 101/Antasari Kolonel Kav Yanuar Adil dan Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana. (Antarakalsel/foto/ist)
Semua prajurit sudah disiagakan menempati pos-pos yang ditentukan, mulai dari bandara, sepanjang jalan yang dilewati presiden hingga lokasi acara,
Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 1100 prajurit terdiri 500 prajurit dari Korem 101/Antasari dibawah komando Kodam VI/Mulawarman bertanggung jawab melakukan pengamanan selama kunjungan Presiden Joko Widodo di Kalsel, dibantu 600 personel dari Polda Kalsel.

"Semua prajurit sudah disiagakan menempati pos-pos yang ditentukan, mulai dari bandara, sepanjang jalan yang dilewati presiden hingga lokasi acara," kata Danrem 101/Antasari Kolonel Kav Yanuar Adil di Banjarmasin, Sabtu.

Dia mengatakan, dirinya selaku Dansatgas pengamanan wilayah kunjungan Presiden Jokowi di Kalsel, mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif jelang kedatangan RI 1 hingga berakhirnya semua rangkaian kegiatan presiden di Banua Kalimantan Selatan.

"Mungkin saja misalnya kenyamanan masyarakat sedikit terganggu saat ada penutupan jalan 5 menit ketika iring-iringan rombongan mobil presiden melintas di jalan. Namun kami harapkan pengertiannya demi kepentingam bersama," kata Yanuar Adil.

Sementara itu, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana mengungkapkan, jajarannya turut menyiagakan 600 anggota untuk membantu pengamanan presiden.

"Anggota Polri berada di ring 3 selama pengamanan. Termasuk menyiagakan pasukan Brimob dalam kekuatan penuh demi terjaminnya keamana Bapak Presiden Joko Widodo selama di Kalsel," ucap Kapolda.

Presiden Jokowi dijadwalkan tiba di Bandara Syamsudin Noor pada Sabtu sore ini. Rombongan presiden langsung menuju Kabupaten Tanah Bumbu untuk bermalam. Pada Minggu (7/5) pagi, presiden menghadiri Pesta Pantai Mappanretasi di Pantai Pagatan serta membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada masyarakat setempat.

Usai acara di Tanah Bumbu, presiden kemudian ke Kabupaten Tanah Laut menghadiri acara di Desa Tebing Sering. Selanjutnya kembali ke Banjarmasin dan menginap satu malam.

Pada Senin (8/5), Presiden Jokowi kembali ke Bandara Syamsudin Noor untuk melanjutkan kunjungannya ke kawasan Indonesia Timur. 

Editor: Gunawan Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga