Rabu, 23 Agustus 2017

PNS Di Tanah Bumbu Jalani Tes HIV

id PNS Di Tanah Bumbu Jalani Tes HIV
PNS Di Tanah Bumbu Jalani Tes HIV
(Antara/Sujud)
Sekitar 400 PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dinyatakan aman atau tidak ditemukan pegawai yang terkena HIV
Batulicin, (Antaranewskalsel) - Pegawai Negari Sipil (PNS) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menjalani tes dan pemeriksaan penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV).


"Sekitar 400 PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dinyatakan aman atau tidak ditemukan pegawai yang terkena HIV," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Tanaha Bumbu, Gusti Hidayat, di Batulicin.

Ia mengatakan, dilakukannya pemeriksaan secara dini dapat secara cepat menangani penyakit tersebut.

Pemeriksaan dilakukan terhadap seluruh PNS maupun Pegawai Tidak Tetap (PTT), dan Tenaga Kontrak di Tanbu.

Pada kesempatan kali ini, kegiatan pemeriksan deteksi dini HIV sudah dilaksanakan selama tiga hari. Dan bagi pegawai yang belum sempat mejalani tes karane adanya halangan tertentu dipastikan pada jadwal berikutnya untuk ikut mengikuti tes.

Dijelaskan, kegiatan pemeriksaan HIV bagi ASN Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam rangka menekan terjadinya penularan penyakit HIV. Pemeriksaan HIV merupakan kegiatan rutin yang  laksanakan oleh KPA Tanah Bumbu setiap tahunnya.

Dengan rutinya kegiatan ini dilakukan maka pegawai dapat mengetahui sedini mungkin terhadap penyakit HIV tersebut dan memudahkan dalam hal penanganannya karena memeriksakan secara dini lebih baik dari pada diam.

"Penyakit ini merupakan penyakit yang bisa menular. Dan bagian yang paling menakutkan adalah jika penyaki HIV sudah berkembang menjadi penyakit AIDS dan penderita akan mengalami gangguan kesehatan hingga kematian," katanya.

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga