Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengusulkan pengangkatan CPNS sebanyak 3.966 kepada Kemenpan dan Reformasi Birokrasi untuk mengisi formasi yang kosong di lingkungan pemerintahan daerah setempat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Said Husin Alkadri didampingi Kabid Pengembangan Pegawai Abdul Halim, Senin (30/5),  mengatakan, usulan tersebut berdasarkan formasi yang tersedia dan dibutuhkan dalam penyelenggaran pemerintahan di Kotabaru.

Dari 3.966 yang diusulkan itu, untuk tenaga guru sebanyak 1.214 formasi, tenaga kesehatan 364 formasi dan tenaga tekhnis administrasi sebanyak 1.846 formasi.

Usulan tersebut jauh lebih kecil dibandingkan dengan usulan CPNS pada 2010 lebih 4.000 orang yang disetujui sekitar 253 formasi.

Halim mengaku usulan pengangkatan CPNS 2011 sebanyak 3.966 tersebut tidak akan disetujui sepenuhnya oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara.

"Hal itu pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.

Namun setidaknya pemerintah pusat mengetahui seberapa besar keperluan aparatur di Kotabaru, sehingga informasi tersebut dapat dijadikan dasar pertimbangan untuk menentukan formasi CPNS 2011 yang diperkirakan sekitar September 2011.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kotabaru Said Husin Alkadri, menyatakan, saat ini, Kabupaten Kotabaru masih sangat memerlukan penyelenggara aparatur negara.

Berdasarkan data akhir 2009, dari 5.303 orang PNS yang ada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru itu, masih banyak satuan kerja perangkat daerah (SKPD) belum memiliki sumber daya manusia lengkap.

"Banyak jabatan atau bagian-bagian yang hingga saat ini masih kosong belum ada yang ngisi," tandasnya.

Terutama, tenaga fungsional, di bidang kesehatan, pendidikan, dan tekhnis lainnya.

Menurut Said, jika kekurangan PNS di Kotabaru yang diperkirakan mencapai 7.700 orang itu tidak segera terpenuhi, maka dalam beberapa tahun ke depan jumlah tersebut akan bertambah banyak.

Seiring dengan penambahan sekolah-sekolah baru, Unit Pelayanan Teknis (UPT), Puskesmas, Pustu, pembentukan organisasi baru serta tenaga penyuluh lapangan.

Jika kekurangan 7.700 orang itu diakumulasikan dengan jumlah PNS yang pensiun setiap tahun, kata Said, maka pengangkatan CPNS setiap tahun yang rata-rata dibawah 500 orang itu tidak cukup berarti untuk menutupi kebutuhan PNS di Kotabaru./C

Editor: Asmuni Kadri
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar