Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pesta insan olahraga Kalimantan Selatan Porprov IX 2013 kabupaten Banjar secara resmi dimulai pada upacara pembukaan di stadion Demang Lehman Martapura.

"Melalui ajang ini para atlit daerah mampu meningkatkan prestasinya," kata H Rudy Renawan, Wakil Gubernur Kalsel sebelum membuka gelaran Porprov IX, Minggu (15/12).

Diawali defile kontingen peserta Porprov 2013 berdasarkan abjad memasuki  stadion Demang Lehman dengan atribut khas mereka.

Pembukaan Porprov IX dihadiri Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman tersebut ditandai dengan penyalaan kaldron oleh Bambang Suriani, 81 tahun, mantan atlit lari kabupaten Banjar.

Bambang Suriani dan dua rekannya, sebelumnya menerima obor dari Ketua KONI Kalsel H Sulaiman HB, Wakil Gubernur H Rudy Resnawan dan Bupati Banjar Sultan Khairul Saleh. Dan bergabung dalam barisan yang berjumlah 13 orang untuk menuju kaldron Porprov untuk menyalakan api besar menandai dimulainya gelaran pesta olahraga.

Disamping menyalakan api besar, Bambang Suriani dan 12 rekannya memasang obor mereka ke 13 tiang tersedia sebagai simbol jumalh kontingen yang menguti Porprov.

Sajian tari kolosal Fashion of Banjar yang menceritakan perjuangan Demang Lehman di masa penjajahan memberikan decak kagum penonton yang memenuhi stadion. Ditambah atraksi pesawat dari Federasi Aerospor Seluruh Indonesia (FASI) Kalsel yang melintas di atas stadion Demang Lehman dengan membawa tulisan Porprov IX 2013.

Dan Kikan mantan vokalis grup band Cokelat menutup ceremoni pembukaan Porprov dengan lagu-lagu hits dan lagu barunya.

Editor: Herry Murdy Hernawam
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar