Berita Terkait
Oleh Yose Rizal

Martapura, (Antaranews Kalsel) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90 di Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan diwujudkan melalui pembangunan siring jalan di Desa Munggu Raya Kecamatan Astambul.


Kegiatan TMMD yang dilaksanakan sejak 14-28 Mei 2013 dibuka langsung Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI Mulawarman Mayjend TNI Dicky Wainal Usman didampingi Bupati Banjar Khairul Saleh, Selasa.

Pangdam VI Mulawarman mengatakan, kegiatan TMMD yang merupakan program kemanunggalan TNI bersama rakyat bertujuan memperkokoh persatuan anggota TNI bersama masyarakat yang saling bahu membahu mewujudkan pembangunan.

"Melalui kegiatan TMMD ini diharapkan semakin memperkokoh kemanunggalan TNI bersama rakyat sekaligus bisa bersama-sama mewujudkan pembangunan baik fisik maupun non fisik yang dibutuhkan masyarakat," ujarnya.

Ia mengatakan, sejak TNI didirikan 5 Oktober 1945 kebersamaan dengan rakyat terjalin kokoh dan kegiatan TMMD merupakan salah satu bukti kekompakan dan kepedulian TNI dalam membangun negara.

"TMMD juga merupakan salah satu sarana strategis menguatkan kebersamaan dengan rakyat karena kekokohan TNI berakar dari kebersamaan yang terjalin kuat dengan seluruh lapisan masyarakat," ungkapnya.

Bupati Banjar Khairul Saleh mendukung dan memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan TMMD ke-90 yang dilaksanakan TNI khususnya personil Kodim 1006/Martapura di kabupaten setempat.

"Pemkab Banjar sangat berterima kasih dengan kegiatan sosial dari TNI melalui TMMD karena sangat membantu program pembangunan pemerintah terutama dalam memenuhi kebutuhan sarana prasarana dan infrastruktur," ujarnya.

Disisi lain, kata bupati, sejarah juga mencatat, TNI turut berjasa meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan sosial maupun penanggulangan bencana termasuk bencana yang sering melanda kabupaten setempat.

"Desa Munggu Raya merupakan salah satu kawasan yang sering dilanda banjir sehingga pembangunan siring yang dilaksanakan TNI melalui TMMD sangat membantu pemerintah mengantisipasi bencana," katanya.

Kegiatan TMMD ke-90 yang berlangsung selama dua minggu direalisasikan melalui pembangunan siring sepanjang jalan Desa Munggu Raya yang melibatkan ratusan personil TNI dari Kodim 1006/Martapura.

  Selain pembangunan fisik siring jalan juga dilaksanakan kegiatan non fisik yakni sosialisasi bela negara dan wawasan kebangsaan serta pelayanan KB kesehatan bagi anggota masyarakat di desa setempat.   

Editor: Hasan Zainuddin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar