Oleh Rusmanadi

Tanjung, Kalsel, (Antaranews Kalsel) - Kepala lembaga penjamin mutu pendidikan Kalimantan Selatan, AbdulKamil Marisi, Selasa, mengatakan kabupaten Tabalong menjadi percontohan pelaksanaan penilaian kinerja guru melalui SMS. 


"Tabalong menjadi kabupaten pertama di Kalsel yang akan menerapkan penilaian kinerja guru berbasis gateway SMS center karena itu seluruh kepala sekolah dan pengawas mendapat bantuan ponsel sebagai sarana pendukung," jelas Kamil, di Tanjung, ibukota Tabalong.

  Dalam peluncuran program penilaian kinerja guru berbasis gateway SMS center LPMP Kalsel menggandeng pihak Telkomsel dan Dinas Pendidikan Tabalong. 

Kamil menyebutkan saat ini sebanyak 400 ponsel telah dibagikan kepada kepala sekolah dan pengawas di Tabalong.

Sisanya sebanyak 150 kepala sekolah dan pengawas belum mendapatkan fasilitas yang bertujuan memudahkan pendataan dan komunikasi terkait kinerja guru.

Acara peluncuran program penilaian kinerja guru berbasis gateway SMS center diikuti sekitar 180 kepala sekolah, pengawas di tiga kecamatan yakni Tanjung, Murung Pudak dan Tanta.

  Dari kementerian pendidikan, Kepala Pusat pengembangan tenaga kependidikan, Mohammad Hatta mengatakan secara nasional penilaian kinerja guru dimulai 2013. 

  "Penilaian kinerja guru mulai dilaksanakan tahun ini karena itu perlu teknologi pendukung dalam melakukan pendataan salah satunya melalui layanan SMS center yang bisa diakses hingga tingkat desa," jelas Hatta. 

Karena itu pembinaan berupa pelatihan peningkatan profesi guru ucap Hatta perlu ditingkatkan sehingga kinerja para pendidik bisa lebih baik.

Sementara itu Bupati Tabalong, Rachman Ramsyi berharap melalui penilaian kinerja guru bisa menjamin sistem pembelajaran yang berkualitas sehingga dihasilkan anak didik yang berkualitas.

  "Sebagai Kepala daerah kami mendukung pelaksanaan program penilaian kinerja guru berbasis gateway sms center bekerjasama dengan telkomsel setidaknya pihak perusahaan seluler bisa meningkatkan pelayanannya di daerah pedesaan," ujar Rachman.   

Editor: Hasan Zainuddin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar